klikptc

Selasa, 12 Oktober 2010

Bisnis Online

Prinsip pemasaran adalah bagaimana kita menganalisa kebutuhan pelanggan dan membuat keputusan yang bisa memuaskan pelanggan kita lebih dari para pesaing dan berujung kepada terjadinya transaksi penjualan yang lebih baik pula.
Mengelola sebuah warnet dibutuhkan konsentrasi dan kiat kiat manajemen agar usaha kita dapat bersaing dan memperoleh keuntungan yang optimal.  4P adalah sebuah istilah dalam ilmu manajemen yang juga dikenal dengan istilah Marketing Mix. 4P yang dimaksud di sini adalah:
  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
Setiap pengusaha warnet harus mampu mengelola secara optimal unsur unsur dalam 4P tersebut.
Product
di Warnet, produk utama kita tentunya adalah layanan koneksi internet.  Dalam memasarkan produk ini tentunya kita dituntut untuk bisa memberikan warna yang berbeda dari saingan saingan kita yang notabene punya produk yang sama.  Kita sebenarnya bisa mencontoh persaingan di operator seluler.  Operator seluler boleh dibilang cuma punya sedikit produk yang utama: komunikasi suara dan teks.  Namun coba perhatikan,  begitu kreatifnya operator seluler membuat derivatif produk sehingga masyarakat bisa memilih berbagai jenis produk hanya dari satu operator saja.
Apa yang membedakan produk kita dengan warnet tetangga? Jika tidak ada usaha untuk membuat variasi produk, maka jelaslah jualan kita tidak punya keunggulan sama sekali.  Kita harus berusaha menganalisa kebutuhan pelanggan, pasar yang belum tergarap untuk membuat sebuah varian produk yang pada akhirnya menyasar pasar tertentu.
Price
Setelah kita memiliki produk, maka konsentrasi berikutnya adalah mengelola harga jual.  Maaf saja kalau saya katakan pengusaha pengusaha warnet umumnya adalah pengusaha miskin inovasi dan cuma berkutat di perang harga.  Kemiskinan inovasi ini bisa kita lihat dari model pentarifan yang statis dan hampir tidak pernah berubah.  Padahal harga adalah variabel yang bisa kita mainkan.
Memainkan variabel harga akan menunjang varian produk.  Katakanlah: ada harga khusus buat member/anggota, harga khusus pelajar, harga khusus bagi mereka yang mengakses lebih dari sekian jam, harga khusus buat mereka yang datang berkelompok :-) .
Harga khusus tidak selalu berarti pemotongan harga. Pernahkah anda mengeksplorasi kemungkinan kemungkinan ini?   Apakah anda membedakan harga antara jam ramai dan jam sepi? antara hari ramai dan hari sepi? antara bulan ramai dan bulan sepi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar